Minggu, 07 Oktober 2018

Cara Mendidik Anak


mendidik-anak

Setiap orang tua pasti punya cara masing-masing dalam mendidik anak. Sebagai orang tua terutama sebagai ibu tentu ingin anaknya tumbuh sehat dan berprestasi dengan baik. Oleh karena itu terkadang ada hal-hal yang menurut kita baik tetapi ternyata malah salah. Untuk lebih jelasnya lebihh baik baca tulisan di bawah ini.

Tips

1.       Bersifat Otoriter
Memberikan peraturan kepada anak sangat penting dalam membentuk karakter dan sifat kedisiplinan pada anak. Ini bertujuan agar anak mempunyai rasa tanggung jawab. Zaman dahulu saat anak melanggar aturan dll dia akan mendapatkan hukuman seperti ditarik atau dijewer. Tapi di zaman sekarang jangan melakukan hal tersebut. Cobalah untuk menasehati dengan baik dan berikan pemahaman-pemahaman yang tepat agar anak menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu jika kita menasehati anak dengan cara baik-baik anak akan lebih mudah memahami dan tidak memiliki rasa kesal dalam batinnya. Sehingga akan terjalin hubungan orang tua dan anak yang harmonis.

2.       Mengasuh Anak Secara Demokratis
Maksud dari mengasuh anak secara demokratis adalah mengasuh anak dengan cara terbuka. Kita harus memahami kebutuhan anak. Kita hanya mengawasi kegiatan positif apapun yang dilakukan anak tanpa ikut campur apalagi melarangnya. Meskipun kita hanya memantau atau mengawasi anak kita juga harus mengambil tindakan saat anak mulai melanggar aturan ataupun dalam keadaan bahaya.

3.       Membolehkan Anak Melakukan Segala Aktivitas
Apapun kegiatan anak yang bersifat positif seperti olahraga, bermain dengan teman-temannya atau aktifitas apapun yang positif jangan pernah kita larang. Ini bertujuan agar anak menjadi mudah untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya dan anak juga dapat menemukan bakat yang ada di dalam dirinya. Bakat setiap anak itu berbeda-beda. Ada yang suka berolahraga, menari, bermain alat music, melukis, dll.

Dengan memberikan kebebasan anak akan lebih mudah untuk mengeksplor kemampuan yang ada dalam dirinya. Karena sebagai orang tua terkadang kita juga tidak tau apa bakat yang ada dalam diri sang anak. Oleh sebab itu  dengan kebebasan tersebut bakat pada anak akan lebih mudah diketahui dan diarahkan.


Itulah tips mengenai cara mendidik anak yang baik. Sebenarnya mendidik anak itu jangan terlalu dimanjain tapi juga jangan terlalu dibebaskan. Apapun yang positif kita dukung sepenuhnya dan saat anak melanggar aturan atau melakukan kesalahan sebaiknya diberikan arahan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar